Rabu, 24 November 2010

Komputer Pertama Buatan Apple Terjual Rp 2 Miliar


LONDON, KOMPAS.com — Meski jadul, komputer Apple I, salah satu produk pertama buatan Apple terjual 133.250 poundsterling atau sekitar Rp 2 miliar. Harga tersebut diperoleh dari hasil lelang di balai lelang Christie, Selasa (22/11/2010). Penawar tertinggi adalah kolektor dari Italia, Marco Boglione.

Komputer tersebut memang tergolong langka karena hanya dibuat 200 unit. Saat dijual tahun 1976, harganya 666,66 dollar AS. Satu unit yang dilelang masih lengkap berikut kemasan bahkan surat pernyataan yang ditandatangani CEO Apple Steve Jobs.

Steve Wozniak, salah satu pendiri Apple bersama Steve Jobs, yang hadir dalam lelang tersebut pun membubuhkan tanda tangannya dalam sertifikat lelang. "Saya sangat menghargai orang yang membelinya," kata Steve Wozniak, seperti dilansir BBC.

Christie menyatakan bahwa Apple I yang dilelang merupakan komputer pertama yang dijual dengan motherboard. Sebelumnya, pengguna komputer harus merakit sendiri komponen-komponennya dalam papan sirkuit yang disediakan.

Meski mahal, komputer jadul tersebut lebih dihargai dari nilai sejarahnya mengingat Apple kini menjadi perusahaan teknologi terkemuka. Padahal, jika dibandingkan iPad yang merupakan tablet terbaru buatan Apple, kemampuan Apple I itu 1.000 kali lebih lambat.

Tidak ada komentar: